10 September 2015

Barang Ekonomi Dan Barang Bebas

Hasil gambar untuk barang ekonomi dan barang bebasSelamat datang Pengunjung Goeboek Ilmu, pada kesempatan ini saya akan menjelaskan apa sih barang ekonomi dan barang bebas yang dimana akan dipelajari dalam di ilmu ekonomi. Ditelinga kita tak asing lagi mendengar kata barang ekonomi dan barang bebas, akan tetapi ada yang belum mengerti.
Oke saya akan menjelaskan .......

Barang ekonomi (economic good)  adalah barang yang mempunyai kegunaan dan langka, yaitu jumlah yang tersedia lebih sedikit dibandingka dengan jumlah yang dibutuhkan masyarakat. Dan oleh karena itu barang ekonomi mempunyai harga.  Dalam temilogi ekonomi, Kita menggunakan istilah langka, bukan sedikit, sebab perkataan sedikit itu relatif. Jumlah 100 dapat dikatakan banyak, bila yang dibutuhkan hanya 40, sementara itu 100.000 termasuk sedikit bila dibandingkan kebutuhan masyarakat 250.00. Produksi barang ekonomi membutuhkan sumber daya ekonomi yang terbatas jumlahnya, oleh karena itu tidak dapat diperoleh atau diproduksi dalam jumlah yang tidak terbatas.

Dengan demikian, barang ekonomi adalah barang yang terbatas jumlahnya (langka) dan memerlukan pengorbanan untuk memperolehnya.

Udara sangat dibutuhkan manusia, dengan demikian sangat berguna. Akan tetapi karena udara tersedia dalam jumlah yang melimpah, maka udara bukanlah barang ekonomi, melainkan barang bebas (free good), yang untuk memperolehnya tidak memerlukan pengorbanan. Oleh karena itu barang bebas tidak mempunyai "harga". Udara, sinar matahari, air didaerah pedesaan dan air laut didaerah pantai adalah beberapa contoh barang bebas, Batu meteor, sebaliknya, termasuk barang yang sangat langka, tetapi (bagi kebanyakan orang ) tidak mempunyai kegunaan. Itu sebabnya batu meteor juga tidak termasuk barang ekonomi.

Dengan demikian, barang bebas adalah barang yang tersedia dalam jumlah melimpah (tidak langka) dan tidak memerlukan pengorbanan untuk memperolehnya.

Namun demikian, barang bebas dapat menjadi barang ekonomi karena perbadaan tempat atau waktu. Di pedesaan, air bersih merupakan barang bebas, tetapi dikota menjadi barang ekonomi. Bagitu pula sinar matahari menjadi barang ekonomi dalam musim dingin , sehingga banyak wisatawan yang bersedia membayar untuk datang kedaerah - daerah tropis.

Comments
0 Comments