Pengunjung Goeboek ilmu marilah
kita simak artikel dibawah ini...
Kita adalah manusai, kita
memiliki sifat keegoisan dimana kita
ingin memiliki semua apa yang kita inginkan. Akan tetapi kita harus sadar kita
adalah makhluk yanag serba terbatas dan tidak semua cita – cita dan keinginan
kita dapat tercapai. Oleh karena itu manusia harus menentukan apa yang harus
dicapai yaitu mulai dari menentukan pilihan. Keputusan dalam menentukan pilihan
bukan suatu hal yang mudah karna dimana, manusia harus mementukan nya
berdasarkan pertimbangan – pertimbangan tertentu. Oleh karena itu manusia perlu
belajar bagaimana menetukan pilihan – pilihan. Hal inilah yang dipelajadi dalam
ilmu ekonomi. Jadi dalam kita simpukan bahwa ilmu ekonomi adalah Proses dalam menentukan pilihan yang
diinginkan dimana harus ditentukan dengan pertimbangan – pertimbangan tertentu.
Ada hal – hal tertentu dalam
menentukan pertimbangan – pertimbangan yaitu Kelangkaan (Scarcity), Pilihan –
pilihan (Choices), Biaya kesempatan (Opportunity Cost)
Goeboek ilmu akan menjelaskan
secara singkat mengenal Kelangkaan (Scarcity), Pilihan – pilihan (Choices), dan
Biaya kesempatan (Opportunity Cost).
Kelangkaan
(Scarcity)
Keadaan dimana manusian ingin
memiliki sesuatu tetapi sumber daya yang dibutuhkan untuk memenuhi semua itu
mengalami kelangkaan. Contohnya : Ada milyaran manusia dibumi jika masing –
masing manusia mempunyai keinginan untuk memiliki mobil, coba difikirkan berapa
banyak sumber daya yang harus butuhkan sepeti besi, baja dan lain sebagai nya
untuk membuat mobil. Otomatis orang yang memproduksi mobil tersebut mengalami
kelangkaan sumber daya.
Pilihan
– pilihan (Choices)
Keadaan dimana terbatasnya sumber
daya atau kelangkaan sumber daya dibandingkan dengan keinginan manusia
menyebabkan manusia harus menentukan
pilihan mana yang harus dibutuhkan terlebih dahulu. Contohnya: Dengan kelangkaan sumber daya untuk
membuat mobil otomatis manusia mengalihkan keinginan untuk keinginan lain
misalkan jika mobil sumber daya tidak cukup,mereka pilih motor atau sepeda
ataupun keinginan penting lainnya misalkan baju,celana dan lain sebagainya.
Biaya
kesempatan (Opportunity Cost)
Keadaan dimana manusia ingin
memiliki atau mencapai keinginan – keinginannya tetapi manusia tersebut selalu
melihat dari sudut pandang untung dan rugi nya. Contohnya: Manusia ingin
memiliki mobil. Akan tetapi mobil harga di A sebesar Rp.125 juta sedangkan di B
seharga Rp.100 juta otomatis manusia memilih di B karna harga nya murah dan
kualitasnya sama dengan di A.