Bab
I - Sistem Bisnis Amerika Serikat
Definisi
sifat bisnis dan identifikasi tujuan-tujuan utamanya
·
Bisnis
adalah sebuah organisasi yang memproduksi atau menjual barang atau jasa untuk
mendapatkan laba.
·
Prospek
memperoleh laba : selisih antara pendapatan dan pengeluaran bisnis yang
mendorong orang untuk membuka dan memperluas bisnis.
Bentuk
bisnis Amerika telah beberapa kali berevolusi selama beberapa abad ini, yaitu:
·
Revolusi industri
yang timbul pada pertengahan abad ke-18, menciptakan adanya sistem pabrik yang membuat bahan dan pekerja yang
dibutuhkan untuk memproduksi barang dalam jumlah besar dan mesin-mesin baru
yang dibutuhkan untuk produksi massal berkumpul dalam satu tempat.
·
Abad ke-19 menjadi solusi peningkatan wirausahawan
dalam skala besar, dan bisnis Amerika Serikat menganut filosofi laissez-faire.
Laisses-faire
adalah prinsip yang menyatakan bahwa pemerintah hendaknya tidak mencampuri perekonomian
melainkan harus membiarkan bisnis berlaku tanpa adanya regulasi. Hasil dari
perkembangan perusahaan dan peningkatan sistem produksi tersebut harus dibayar
dengan hilangnya kebebasan pekerja
·
Seiring hilangnya kebebasan pekerja, maka terjadilah
perubahan era yang dinamai era produksi. Era produksi menjadi solusi
bangkitnya serikat buruh dan dimulainya regulasi oleh pemerintah.
·
Pada tahun 1950-an dan 1960-an, timbul lagi era baru
yang disebut era pemasaran. Di era ini, produsen barang dan jasa mulai mencari
tahu apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggan dan kemudian
menyediakannya.
·
Pada tahun 1980-an, muncul fenomena ekonomi global. Yang menyebabkan adanya
perbaikan dalam sistem komunikasi dan transportasi. Perbaikan
tersebut menular kepada metode internasional yang lebih efisien dalam
pembiayaan, produksi, distribusi, dan pemasaran produk dan jasa secara
bersama-sama.
·
Dengan adanya perbaikan tersebut, maka muncul satu era
yang dipicu oleh internet. Era tersebut dinamai era informasi. Perkembangan
dalam era ini memberikan dorongan dalam perdagangan di semua sektor ekonomi,
khususnya di bidang jasa.
Sistem ekonomi adalah sistem
suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya ke warga negaranya, baik
perorangan maupun organisasi
5 Faktor Produksi
:
·
Sumber daya manusia : Kemampuan
fisik dan mental orang-orang sewaktu mereka berkontribusi pada produksi di
dalam perekonomian
·
Modal
: Dana yang dibutuhkan untuk menciptakan dan menjalankan perusahaan/
bisnis.
·
Wirausahawan :
Individu yang melihat peluang dan mau menanggung resiko yang timbul dari
penciptaan dan pengoperasian usaha bisnis baru
·
Sumber daya fisik : Hal-hal
berwujud yang digunakan oleh organisasi dalam melaksanakan bisnis mereka
·
Sumber daya informasi : Data
atau informasi lain yang digunakan oleh bisnis
Perekonomian
Terpimpin
- Perekonomian
yang mengandalkan pemerintah terpusat untuk mengendalikan semua atau sebagian besar faktor produksi dan untuk
membuat semua atau sebagian besar keputusan produksi dan alokasi
- Yang
termasuk di dalamnya adalah:
Komunisme & Sosialisme
Perekonomian
Pasar
- Perekonomian
di mana individu-individu mengendalikan keputusan produksi dari alokasi melalui
penawaran dan permintaan
- Yang
termasuk di dalamnya adalah:
Pasar Input dan Pasar Output
& Kapitalisme
Pasar Input
Perusahaan membeli sumber daya dari rumah tangga yang
berfungsi sebagai pemasok.
Pasar Output
Perusahaan menawarkan barang dan jasa untuk menanggapi
permintaan pihak rumah tangga.
Perekonomian
Pasar Campuran
- Sistem
ekonomi yang menampilkan sifat-sifat perkonomian terpimpin maupun perekonomian
pasar
- Yang
termasuk di dalamnya adalah:
Privatisasi & Sosialisme
Privatisasi
Proses perubahan perusahaan pemerintah menjadi milik
swasta
Sosialisme
Sistem ekonomi terpimpin di mana pemerintah hanya
memiliki dan menjalankan sumber produksi terpilih
Permintaan
& Penawaran
·
Permintaan
·
Keinginan dan kemampuan pembeli untuk membeli produk
atau jasa tertentu
·
Penawaran
·
Keinginan dan kemampuan produsen untuk menawarkan
produk atau jasa tertentu untuk dijual
·
Hukum Permintaan
·
Pembeli akan membeli (melakukan permintaan) lebih
banyak kalau harga produk itu turun dan membeli lebih sedikit kalau harganya
naik
·
Hukum Penawaran
·
Para produsen akan menawarkan (melakukan penawaran)
lebih banyak untuk dijual jika harga produk naik dan menawarkan lebih sedikit
jika harganya turun
Mekanisme penawaran dan permintaan
·
Kurva permintaan menunjukkan
berapa banyak produk akan diminta (dibeli) pada harga yang berbeda-beda.
·
Kurva penawaran menunjukkan
berapa banyak jumlah produk akan disediakan (ditawarkan untuk dijual) pada
harga yang berbeda-beda
·
Bila kedua kurva dibagankan ke grafik yang sama, titik
perpotongannya adalah harga pasar atau harga ekuilibrium
·
Harga pasar adalah harga
di mana kuantitas barang yang diminta dan kuantitas barang yang ditawarkan sama
Dalam mekanisme penawaran dan permintaan, terdapat hal
yang dinamakan:
Surplus: situasi di
mana jumlah yang ditawarkan melebihi jumlah yang diminta
Defisit: situasi
dimana jumlah yang diminta melebihi jumlah yang ditawarkan
Perusahaan swasta menuntut adanya 4 unsur:
·
Hak properti pribadi: Kepemilikan
atas sumber daya yang digunakan untuk menciptakan kekayaan berada di tangan
individu
·
Kebebasan memilih: kebebasan
dalam memilih dalam memilih menjual tenaga kerja kepada siapa saja, dan juga
membeli dari produsen yang mana saja
·
Laba: laba yang diantisipasi
berpengaruh kuat pada pilihan individu atas barang dan jasa yang akan mereka
produksi
·
Persaingan: perlombaan
antar perusahaan untuk mendapatkan sumber daya atau pelanggan yang sama
Dalam sistem perusahaan bebas, terdapat 4
tingkat persaingan:
·
Persaingan sempurna: pasar atau
industri yang dicirikan oleh perusahaan kecil yang banyak jumlahnya dan membuat
produk yang sama
·
Persaingan sempurna: pasar atau
industri yang dicirikan oleh banyak pembeli dan relatif banyak penjual yang
berusaha membedakan produk mereka dari pesaingnya.
·
Oligopoli: Pasar atau
industri yang dicirikan oleh penjual yang sedikit (umumnya berskala sangat
besar) yang mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi harga produk-produk mereka
·
Monopoli: pasar atau
industri dimana hanya ada satu produsen yang dapat menetapkan harga
produk-produknya
_*****_