25 September 2015

Sistem Bisnis Amerika Serikat


Bab I - Sistem Bisnis Amerika Serikat
Definisi sifat bisnis dan identifikasi tujuan-tujuan utamanya
·         Bisnis adalah sebuah organisasi yang memproduksi atau menjual barang atau jasa untuk mendapatkan laba.
·         Prospek memperoleh laba : selisih antara pendapatan dan pengeluaran bisnis yang mendorong orang untuk membuka dan memperluas bisnis.
Bentuk bisnis Amerika telah beberapa kali berevolusi selama beberapa abad ini, yaitu:
·         Revolusi industri yang timbul pada pertengahan abad ke-18, menciptakan adanya sistem pabrik yang membuat bahan dan pekerja yang dibutuhkan untuk memproduksi barang dalam jumlah besar dan mesin-mesin baru yang dibutuhkan untuk produksi massal berkumpul dalam satu tempat.
·         Abad ke-19 menjadi solusi peningkatan wirausahawan dalam skala besar, dan bisnis Amerika Serikat menganut filosofi laissez-faire. Laisses-faire adalah prinsip yang menyatakan bahwa pemerintah hendaknya tidak mencampuri perekonomian melainkan harus membiarkan bisnis berlaku tanpa adanya regulasi. Hasil dari perkembangan perusahaan dan peningkatan sistem produksi tersebut harus dibayar dengan hilangnya kebebasan pekerja
·         Seiring hilangnya kebebasan pekerja, maka terjadilah perubahan era yang dinamai era produksi. Era produksi menjadi solusi bangkitnya serikat buruh dan dimulainya regulasi oleh pemerintah.
·         Pada tahun 1950-an dan 1960-an, timbul lagi era baru yang disebut era pemasaran. Di era ini, produsen barang dan jasa mulai mencari tahu apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggan dan kemudian menyediakannya.
·         Pada tahun 1980-an, muncul fenomena ekonomi global. Yang menyebabkan adanya perbaikan dalam sistem komunikasi dan transportasi. Perbaikan tersebut menular kepada metode internasional yang lebih efisien dalam pembiayaan, produksi, distribusi, dan pemasaran produk dan jasa secara bersama-sama.
·         Dengan adanya perbaikan tersebut, maka muncul satu era yang dipicu oleh internet. Era tersebut dinamai era informasi. Perkembangan dalam era ini memberikan dorongan dalam perdagangan di semua sektor ekonomi, khususnya di bidang jasa.
Sistem ekonomi adalah sistem suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya ke warga negaranya, baik perorangan maupun organisasi
5 Faktor Produksi :
·         Sumber daya manusia  : Kemampuan fisik dan mental orang-orang sewaktu mereka berkontribusi pada produksi di dalam perekonomian
·         Modal : Dana yang dibutuhkan untuk menciptakan dan menjalankan perusahaan/ bisnis.
·         Wirausahawan : Individu yang melihat peluang dan mau menanggung resiko yang timbul dari penciptaan dan pengoperasian usaha bisnis baru
·         Sumber daya fisik  : Hal-hal berwujud yang digunakan oleh organisasi dalam melaksanakan bisnis mereka
·         Sumber daya informasi  : Data atau informasi lain yang digunakan oleh bisnis

Perekonomian Terpimpin
- Perekonomian yang mengandalkan pemerintah terpusat untuk mengendalikan semua atau sebagian  besar faktor produksi dan untuk membuat semua atau sebagian besar keputusan produksi dan alokasi
- Yang termasuk di dalamnya adalah: Komunisme & Sosialisme
Perekonomian Pasar
- Perekonomian di mana individu-individu mengendalikan keputusan produksi dari alokasi melalui penawaran dan permintaan
- Yang termasuk di dalamnya adalah: Pasar Input dan Pasar Output & Kapitalisme
Pasar Input
Perusahaan membeli sumber daya dari rumah tangga yang berfungsi sebagai pemasok.
Pasar Output
Perusahaan menawarkan barang dan jasa untuk menanggapi permintaan pihak rumah tangga.

Perekonomian Pasar Campuran
- Sistem ekonomi yang menampilkan sifat-sifat perkonomian terpimpin maupun perekonomian pasar
- Yang termasuk di dalamnya adalah: Privatisasi & Sosialisme
Privatisasi
Proses perubahan perusahaan pemerintah menjadi milik swasta
Sosialisme
Sistem ekonomi terpimpin di mana pemerintah hanya memiliki dan menjalankan sumber produksi terpilih

Permintaan & Penawaran
·         Permintaan
·         Keinginan dan kemampuan pembeli untuk membeli produk atau jasa tertentu
·         Penawaran
·         Keinginan dan kemampuan produsen untuk menawarkan produk atau jasa tertentu untuk dijual
·         Hukum Permintaan
·         Pembeli akan membeli (melakukan permintaan) lebih banyak kalau harga produk itu turun dan membeli lebih sedikit kalau harganya naik
·         Hukum Penawaran
·         Para produsen akan menawarkan (melakukan penawaran) lebih banyak untuk dijual jika harga produk naik dan menawarkan lebih sedikit jika harganya turun

Mekanisme penawaran dan permintaan
·         Kurva permintaan menunjukkan berapa banyak produk akan diminta (dibeli) pada harga yang berbeda-beda.
·         Kurva penawaran menunjukkan berapa banyak jumlah produk akan disediakan (ditawarkan untuk dijual) pada harga yang berbeda-beda
·         Bila kedua kurva dibagankan ke grafik yang sama, titik perpotongannya adalah harga pasar atau harga ekuilibrium
·         Harga pasar adalah harga di mana kuantitas barang yang diminta dan kuantitas barang yang ditawarkan sama
Dalam mekanisme penawaran dan permintaan, terdapat hal yang dinamakan:
Surplus: situasi di mana jumlah yang ditawarkan melebihi jumlah yang diminta
Defisit: situasi dimana jumlah yang diminta melebihi jumlah yang ditawarkan

Perusahaan swasta menuntut adanya 4 unsur:
·         Hak properti pribadi: Kepemilikan atas sumber daya yang digunakan untuk menciptakan kekayaan berada di tangan individu
·         Kebebasan memilih: kebebasan dalam memilih dalam memilih menjual tenaga kerja kepada siapa saja, dan juga membeli dari produsen yang mana saja
·         Laba: laba yang diantisipasi berpengaruh kuat pada pilihan individu atas barang dan jasa yang akan mereka produksi
·         Persaingan: perlombaan antar perusahaan untuk mendapatkan sumber daya atau pelanggan yang sama

Dalam sistem perusahaan bebas, terdapat 4 tingkat persaingan:
·         Persaingan sempurna: pasar atau industri yang dicirikan oleh perusahaan kecil yang banyak jumlahnya dan membuat produk yang sama
·         Persaingan sempurna: pasar atau industri yang dicirikan oleh banyak pembeli dan relatif banyak penjual yang berusaha membedakan produk mereka dari pesaingnya.
·         Oligopoli: Pasar atau industri yang dicirikan oleh penjual yang sedikit (umumnya berskala sangat besar) yang mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi harga produk-produk mereka
·         Monopoli: pasar atau industri dimana hanya ada satu produsen yang dapat menetapkan harga produk-produknya

_*****_


Comments
0 Comments